5 Manfaat Pemanasan, Salah Satunya Mencegah Cedera Sebelum Olahraga

Daftar Isi
  • Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga
  • 1. Meningkatkan Suhu Tubuh dan Kekuatan Otot 2. Tubuh Lebih Siap dengan Beban Berat 3. Mengurangi Risiko Cedera 4. Meningkatkan Fleksibilitas 5. Membantu Mempersiapkan Mental

Olahraga merupakan aktivitas yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Meski demikian, aktivitas ini tak jarang menimbulkan cedera yang cukup membahayakan otot.

Menurut buku Penanganan pada Cedera Olahraga oleh Zaikal Ilham, cedera olahraga adalah segala bentuk stres yang ditempatkan pada tubuh selama terjadinya aktivitas atletik. Penyebab paling umumnya ialah akibat kurangnya pemanasan.

Gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga akan membuat otot-otot menjadi lebih lentur dan tidak kaku. Sebab itu, untuk mencegah terjadinya cedera sebelum latihan diperlukan pemanasan.

Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan dinilai memiliki sejumlah manfaat penting untuk meminimalkan terjadinya cedera otot saat berolahraga. Dilansir dari Fit Athletic, berikut ini manfaat pemanasan:

1. Meningkatkan Suhu Tubuh dan Kekuatan Otot

Pemanasan yang dilakukan dengan benar dapat meningkatkan suhu tubuh sekaligus kekuatan otot. Suhu tubuh yang meningkat akan menghasilkan oksigen yang baik untuk kekuatan otot.

2. Tubuh Lebih Siap dengan Beban Berat

Kekuatan otot dapat meningkat dengan adanya pemanasan. Dengan begitu, tubuh akan memiliki persiapan yang lebih baik untuk beraktivitas dengan beban maupun alat berat yang digunakan saat berolahraga.

3. Mengurangi Risiko Cedera

Pemanasan dapat membuat otot menjadi lebih rileks dan lentur, sehingga otot menjadi lebih siap untuk menerima tekanan dan beban berat. Hal ini dapat meminimalkan risiko terjadinya cedera saat berolahraga.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Pemanasan sebelum berolahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otot, yang memungkinkan tubuh untuk meningkatkan fleksibilitasnya. Fleksibilitas penting agar tubuh dapat leluasa bergerak saat olahraga.

5. Membantu Mempersiapkan Mental

Selain bermanfaat untuk fisik, pemanasan juga berguna untuk meningkatkan kesiapan mental saat berolahraga. Umumnya, seseorang cenderung mudah menyerah ketika melakukan aktivitas yang berat dan sulit.

Dengan pemanasan, tubuh akan menjadi lebih siap, sehingga menciptakan pikiran dan mood yang bagus saat berolahraga.

Nah, itulah sejumlah manfaat pemanasan sebelum berolahraga. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya cedera sebelum latihan diperlukan pemanasan.

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Kar-ads. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.