Ada Lagi Turnamen Golf Bulan Ini, Masih Rangkaian Asian Development Tour

Bakal ada lagi turnamen golf dihelat di Indonesia sebagai rangkaian Asian Development Tour. Namanya adalah BNI Ciputra Golfpreneur Tournament.

Turnamen ini dihelat di Damai Indah Golf – BSD Course, Tangerang Selatan, 23-26 Agustus, atau tiga pekan setelah rampungnya Indonesia Open 2023.

Sejak dihelat tahun 2014, Ciputra Golfpreneur ini adalah turnamen internasional yang selalu ditunggu para pegolf. Salah satu aluminya kini sudah berprestasi di tingkat dunia, yakni Tom Kim.

Untuk tahun ini, total hadiah pun ditingkatkan dari 110 ribu dolar AS menjadi 125 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,9 miliar. Turnamen ini kembali digelar tahun lalu setelah sempat terhenti dua tahun karena pandemi Covid-19.

“Hampir satu dekade kami sudah meluncurkan Ciputra Golfpreneur Tournament, kami hadir hari ini bersiap untuk pelaksanaan turnamen berikutnya. Hal ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan dari Ciputra. Tahun lalu kami bangkit kembali dengan sukses setelah absen selama dua tahun akibat pandemi COVID-19 dan menyaksikan kemenangan Suteepat Prateeptienchai. Kami merasa terhormat bahwa ternyata dia tidak hanya memenangkan turnamen kami, tetapi juga meraih dua gelar lainnya dan memimpin Order of Merit ADT,” kata Budiarsa Sastrawinata selaku Managing Director Ciputra Group dan Founder Ciputra Golfpreneur Foundation dalam rilis kepada detikSport.

“Kami berterima kasih kepada BNI atas dukungannya, dan sekarang kami semua bersiap menuju BNI Ciputra Golfpreneur Tournament 2023,” sambungnya.

Sejak pertama turnamen ini diselenggarakan, Damai Indah Golf-BSD Course yang merupakan lapangan golf pertama Indonesia yang didesain oleh Jack Nicklaus selalu menjadi tuan rumah. Lapangan ini merupakan salah satu lapangan terbaik di Indonesia.

Direktur Damai Indah Golf S. Christine Wiradinata memastikan bahwa kondisi lapangan sudah siap untuk menghelat turnamen.

“Kami telah memastikan lapangan dalam kondisi terbaik dan siap untuk turnamen ini. BNI Ciputra Golfpreneur ADT 2023 merupakan kompetisi yang sangat penting bagi kami setiap tahun. Kami ingin memastikan para pemain dapat menikmati setiap tantangan dan setiap momen di lapangan,” kata Christine.

Baca juga: Pegolf Thailand Ini Juara Indonesia Master 2023

Golfpreneur Tournament 2023 merupakan salah satu dari empat turnamen ADT (Asian Development Tour) yang diselenggarakan di Indonesia tahun ini

“BNI Ciputra Golfpreneur Tournament merupakan salah satu ajang andalan di ADT dan kami sangat berterima kasih kepada Ciputra dan Ciputra Golfprenenur Foundation, BNI dan Damai Indah Golf atas komitmen yang berkelanjutan dan konsisten dalam menjadikan turnamen ini sukses danfenomenal,” kata Komisaris dan CEO Asian Tour Cho Minn Than.

Sementara itu, BNI sebagai pihak sponsor berharap turnamen ini juga berdampak positif untuk Indonesia, sehingga bisa melahirkan pegolf-pegolf handal di masa depan.

“Kami berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada BNI untuk dapat menjadi bagian dari BNI Ciputra Golfpreneur Tournament, dimana BNI sudah memasuki tahun keduanya sebagai sponsor title tournament ini. Kami berharap dukungan kami dalam tournament ini akan semakin memacu para pemain golf profesional Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya dan dapat berprestasi di Level Internasional. Hal ini sejalan dengan semangat BNI Go Global yang ingin membawa Indonesia untuk mampu bersaing di kelas dunia,” ujar Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.

Pada tahun 2019, Tom Kim yang masih berusia belia menjadi juara di turnamen ini. Sekarang dia telah menjadi salah satu pemain di PGA Tour. Kim menjuarai dua turnamen PGA Tour, yaitu Wyndham Championship 2022dan Shriners Children’s Open 2022.

James Byrne memenangkan edisi perdana pada tahun 2014, lalu Michael Tran (2015), Oscar Zetterwall (2016), Masaru Takahashi (2017), Miguel Carballo (2018), Tom Kim (2019), dan Suteepat Prateeptienchai (2022).

Para pegolf yang tergabung di Ciputra Golfpreneur Foundation (CGF) juga turun seperti Peter Gunawan, Fadhli Soetarso, Kevin Caesario Akbar, dan Joshua Andrew Wirawan. Sejak diluncurkan secara resmi pada tahun 2020, yayasan ini telah memberikan dukungan kepada para pegolf profesional, amatir, dan junior.

Baca juga: Persaingan Panas Menunggu di Final Indonesia Open 2023

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Kar-ads. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.