Basket DKI Lolos Kualifikasi PON 2024 di Semua Kategori Putra dan Putri

Persiapan Basket DKI Jakarta menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dilalui paripurna. Jakarta meloloskan tim di semua kategori yakni 5 on 5 dan 3×3.

Tim basket putra dan putri dari kedua sektor tersebut menuntaskan perjalanan pra pon dengan baik. Tim putra dan putri 3×3 DKI Jakarta memastikan tempat terlebih dahulu lewat babak Kualifikasi Pra PON 2024, yang berlangsung di Yogyakarta pada 25 September 2023.

Tak lama berselang, giliran tim 5 on 5 putra dan putri yang dipastikan tampil di PON 2024. Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim, memberi apresiasi besar kepada atlet serta staf kepelatihan tim 5 on 5 dan 3×3.

Pria yang akrab disapa Lexy itu mengingatkan agar pencapaian di Pra PON 2024 tidak membuat terlena. Perjuangan basket Jakarta masih akan berlanjut.

“Perjuangan yang sebenarnya ada di tahun depan, ketika PON 2024 dimulai. Oleh karena itu, Perbasi DKI Jakarta akan memaksimalkan training camp jangka panjang untuk memaksimalkan bonding antar pemain, terutama untuk tim putra sebagai juara bertahan,” kata Lexy, dalam keterangannya.

Baca juga: Jadi Duta Basket DKI Jakarta, Dyanadya Khalila Ingin Menginspirasi

“Adapun tim putri Jakarta, masa depan cerah terpampang di depan mata. Mereka adalah wajah basket Indonesia di masa mendatang baik itu 3×3 atau 5 on 5,” ujarnya menambahkan.

Lexy turut menyadari perjalanan menuju Pra PON 2024 tidaklah mudah bagi staf kepelatihan, khususnya terbatasnya waktu latihan dan jumlah pemain menjadi tantangan yang harus dilalui.

“Dengan beberapa keterbatasan dalam pemilihan dan penetapan pemain mengingat banyak event nasional dan internasional yan…

Read more

24 Tim Basket 3×3 Siap Bertarung di Lapangan Banteng

24 tim basket 3×3 Indonesia akan saling bertarung akhir pekan ini. Mereka saling berebut tiket grand final.

Persaingan Province Finals Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Seri Jakarta? Datang saja ke Lapangan Banteng Jakarta Pusat, Minggu (4/6).

Di sana Anda akan dimanjakan aksi-aksi heroik pada pebasket muda Indonesia. 24 tim terbaik dari City Selection siap saling jegal demi perebutkan tiket Grand Finale turnamen yang khusus untuk pemain kelompok umur U-18 dan U-23 putra-putri.

Pertandingan akan berlangsung dari pagi sampai petang. Dari jam 08.00 WIB sampai 18.00 WIB.

“Jika melihat persaingan di City Selection kemarin sampai ada pertandingan yang harus diakhiri melalui overtime, pertandingan di Province Finals ini pasti seru. Sebab, yang tampil di fase ini sudah mengalahkan banyak pesaing di City Selection,” ujar Project Director Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis, dalam keterangan pers.

Sebanyak 24 tim yang tampil di Province Finals ini memang sebelumnya berjuang di City Selection Seri Jakarta. Ada dua pelaksanaan di City Selection yang masing-masing hasilkan tim terbaik.

Baca juga: Kans Basket Putri 3×3 Tampil di Asian Games Hangzhou

Pada City Selection tahap pertama meloloskan 12 tim. Mereka adalah Gorilas A, Hoops Jakarta, Gorilas B dari tim U-18 Putra. Kemudian dari U-18 Putri ada PSKD, CGR, dan PSKD B.

Dari kelompok umur U-23, GSBC 2, Garis Putih, Uta’45 mewakili dari putri. Kemudian dari putra ada Sugar 3, Bersama, dan Boleeh.

Kemudian pada City Selection tahap 2 juga meloloskan 12 tim terbaik. Mereka adalah Gama B, Jibril, Nanox dari U-18 Putra. Lalu ada Spicy Chicken, Gama, Saunk A dari U-18…

Read more

Diajeng Putri Hartini Melaju ke 8 Besar BNI Sirnas Pangkalpinang

Diajeng Putri Hartini, unggulan pertama Tunggal Usia Dini Putri BNI Sirkuit Nasional B Kepulauan Bangka Belitung 2023 di Pangkalpinang, memulai dengan kemenangan untuk memastikan tiket ke babak 8 besar alias perempatfinal.

Diajeng, yang sebelumnya mendapat bye, menjalani pertandingan pertamanya di gelaran BNI Sirnas kali ini dengan menghadapi Evelyn A Quein Er di GOR Wijaya, Pangkalpinang dalam partai babak 16 besar, Rabu (11/10).

Dalam durasi 18 menit, Diajeng berhasil memastikan kemenangan dua gim langsung. Hasil 21-5, 21-4 diraih pebulutangkis muda yang sebelumnya juara BNI Sirnas di Kalimantan Selatan itu. Diajeng pun memastikan satu tempat di perempatfinal.

Di babak 8 besar, ada Aliya Maulida Haris yang akan dihadapi oleh Diajeng. Aliya maju ke babak tersebut usai mengalahkan Nafisha Syaqilla Pramasna dengan 21-3, 21-4.

Baca juga: Daftar Juara BNI Sirkuit Nasional B Kalimantan Selatan 2023

Di partai lain yang digelar sebelumnya, ada pula kemenangan Berlian Indah Pinastika. Unggulan pertama Tunggal Anak-Anak Putri itu melewati Putri Rizqi’A Dwi Cahyani dengan 21-13, 21-10 di 16 besar.

Sejumlah unggulan lain di nomor Tunggal Anak-Anak Putri justru menelan kekalahan. Kalia Rahmadani yang menjadi unggulan kedua tunduk 17-21, 15-21 dari Ailsa Medina Aptanta. Chintya Cahyaningtyas Ayu Widayat, unggulan ketiga, kalah 12-21, 21-19, 9-21 dari Yulita Herlinda Ningtyas. Dan Fadiah Melati Taopan selaku unggulan keempat kalah 12-21, 21-18, 18-21 saat berhadapan dengan Suciati Aqueena Ayu selama 62 menit.

Sejumlah partai 16 besar di nomor Tunggal Anak-anak Putra juga sudah dimainkan. Unggulan pertama Anandirga Tr…

Read more

Bastianini Harapkan Balapan Sengit di MotoGP Qatar 2024

Rider Ducati, Enea Bastianini, mengharapkan balapan sengit di MotoGP Qatar 2024. Rider Italia itu percaya diri bisa meraih hasil bagus.

Di Sirkuit Lusail, Qatar, pada 8-10 Maret 2024, race pertama MotoGP 2024 berlangsung. Bastianini mempunyai modal sebagai juara balapan di Lusail pada 2022.

Pada tes resmi MotoGP di Sirkuit Lusail pada bulan lalu, Bastianini cukup oke dengan motor baru Ducati.

Baca juga: Jorge Martin Diklaim Pilih Aprilia Tahun Depan, Bukan Pabrikan Ducati

Bastianini menjadi rider kedua paling cepat dengan catatan waktu satu menit 51,072 detik. Dengan torehan itu, rider dengan nomor 23 itu cuma berjarak 0,120 detik lebih lambat dari rekan setimnya, Francesco Bagnaia, yang menjadi rider tercepat.

Jarak Bagnaia dengan rider di lima besar tak sampai setengah detik. Aleix Espargaro mencatatkan waktu +0,308 detik dari Bagnaia, sedangkan Marc Marquez berjarak +0,383 detik.

Melihat fakta itu, Bastianini pun memprediksi balapan akan berjalan sengit. Kendati demikian, Bastianini percaya diri akan mendapat hasil bagus.

Baca juga: Kans Pedro Acosta Pecahkan Rekor Marc Marquez, Dimulai dari Pekan Ini

“Selama tes, kami kompetitif baik pada kecepatan saat balapan atau time attack,” kata Bastianini di Crash.

“Saya bisa mencatatkan waktu yang sangat baik, tapi kondisinya juga tepat. Balapannya akan berbeda: saya mengharapkan banyak rider-rider cepat, dan kompetisi akan intens.”

“Meski demikian, kami bersiap, dan saya tak sabar untuk segera kembali ke trek pada…

Read more

Bezzecchi Dibuat Terharu oleh Sambutan Fans di Lombok

Marco Bezzecchi ikut dalam parade MotoGP Mandalika 2024. Bezzecchi itu terharu oleh para fans yang rela berdiri lama-lama demi memberikan sambutan meriah.

Parade MotoGP Mandalika 2024 digelar di pusat Kota Mataram, Lombok Rabu (25/9/2024) sore WITA. Parade berlangsung di Lapangan Sangkareang – Teras Udayana, Mataram. Seluruh rider diarak sepanjang jalan menggunakan mobil bak terbuka.

Baca juga: Parade MotoGP Mandalika: Jorge Martin Cs Disambut Ribuan Fans!

Rider Pertamina Enduro VR46, Marco Bezzecchi ikut ambil bagian. Bezzecchi tak letih melambaikan tangan, juga sempat ladeni permintaan fans yang berlari mengejar mobil demi mendapat tanda tangannya.

Bezzecchi juga mengambil bendera Merah Putih yang disodorkan beberapa fans. Pria asal Italia tampak asyik menikmati sambutan yang meriah.

Baca juga: MotoGP Mandalika: Aleix Espargaro Liburan Dulu, Balapan Kemudian

Marco Bezzecchi tampak tersentuh dengan sambutan yang luar biasa oleh para fans MotoGP di Lombok. Bezzecchi berterima kasih kepada para fans yang rela berdiri lama-lama.

“Orang-orang berdiri lama di pinggir jalan demi menanti kami. Luar biasa, terima kasih,” ujarnya dalam siaran langsung di medsos MotoGP.

“Sambutannya fantastis, saya sangat menikmatinya,” tambahnya.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2024: Saatnya Buka Puasa Naik Podium, Quartararo?

Marco Bezzecchi finis di posisi kelima MotoGP Mandalika tahun 2023 kemarin. Mampukah kali ini, Bez finis lebih baik?

(aff/bay)

Read more

Aleix Espargaro Ingin Ulangi Momen Indah di MotoGP Inggris

Rider Aprilia, Aleix Espargaro, bahagia menuju MotoGP Inggris. Rider Spanyol itu ingin mengulang momen indah di sirkuit Silverstone.

MotoGP 2024 lanjut lagi akhir pekan ini setelah nyaris sebulan jeda. Balapan MotoGP Inggris yang digelar.

Bersama Aprilia, Aleix Espargaro menjadi pemenang MotoGP Inggris musim lalu, Selain itu, pebalap 35 tahun itu juga meraih podium bersejarah bersama Aprila pada 2021 dengan finis ketiga di Silverstone.

Baca juga: Jadwal MotoGP Inggris 2024 Akhir Pekan Ini

“Ini adalah trek yang sangat saya suka, tak cuma karena kemenangan tahun lalu tapi karena itu juga momen paling bersejarah sejak saya datang ke Aprilia dengan podium pertama pada 2021,” kata Aleix Espargaro di GP One.

“Silverstone sangat cocok dengan RS-GP dan juga saya, Saya akan mencoba untuk mengulang hasil tahun 2023. Tahun lalu, Aprilia konsisten di baris depan. Kami berharap bisa bermain bagus juga tahun ini. Di Noale, mereka bekerja selama jeda musim panas untuk meningkatkan performa motor,” kata dia menambahkan.

Baca juga: MotoGP Belanda 2024: Aleix Espargaro Mundur Usai Crash di Sprint Race

Di MotoGP musim ini, Aprilia sudah sekali meraih kemenangan. Pabrikan Italia itu juara saat MotoGP Amerika Serikat, di tengah dominasi Ducati yang mampu menang dalam delapan seri lainnya.

Maverick Vinales yang mengantarkan Aprilia menjadi juara. Sementara itu, Aleix Espargaro meraih pencapaian terbaik dengan finis keempat di MotoGP Catalunya. Dengan performa yang kurang sip i…

Read more

Atlet Paralympic Indonesia di Paris 2024 Diyakini Bisa Harumkan Bangsa

Atlet National Paralympic Commitee (NPC) akan berlaga di Paralimpiade 2024 Paris. Mereka diyakini akan mengharumkan nama Indonesia.

Ajang tersebut berlangsung pada Agustus mendatang. Mereka bakal diberangkatkan dari gedung Paralympic Training Center(PTC) yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Chief de Mission (CdM) Paralimpiade Paris 2024, Reda Manthovani, bersama jajaran melakukan pengecekan pembangunan Paralympic Training Center (PTC) yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 27 Juni 2024.

“Agustus nanti atlet dari paralympic akan kami lepas dari sini (PTC,Red). Setelah kami melihat, untuk (pembangunan,Red) lapangan atletik dan lapangan bola nampaknya sudah sesuai dengan jadwal. Kalau untuk gedung atau fasilitas yang lain, tadi kami tanya ke pengembang bisa selesai Desember 2024 ini,” ungkap Reda dalam keterangan pers.

Baca juga: NPC Indonesia Dapat Bantuan Rp 36,2 Miliar buat Paralimpiade

Sementara Vice CdM Paralympic Games Paris 2024, Surdaryono, mengaku suatu kehormatan diberikan kepercayaan untuk ikut terlibat dalam kontingen Indonesia untuk Paralympic Games Paris 2024.

“Olahraga adalah satu bidang yang punya peranan sangat penting untuk mengharumkan nama bangsa dan kita ada di situ, khususnya untuk Paralympic ini. Jadi saya merasa bangga dan tentu saja kebanggaan itu harus saya ikuti dengan kerja keras dan kita support semaksimal mungkin atlet-atlet paralympic kita,” kata Sudaryono.

Menurut Sudaryono yang juga calon Gubernur Jawa Tengah ini, para atlet yang bakal berjuang di Paralympic Paris 2024 merupakan pahlawan Indonesia.

“Mereka adalah pahlawan-pahlawan bangsa. Di mana dengan s…

Read more

BNI Sirnas B Riau, Momen Bangkitkan Mental Juara Pebulutangkis Muda

Ajang bulutangkis BNI Sirkuit Nasional B 2023 sedang digelar di Kota Pekanbaru, Riau. Orang tua dan pelatih atlet menjadikannya sebagai momen untuk membangkitkan mental anak.

Pantauan di Gor Remaja Jalan Jenderal Sudirman terlihat sejumlah orang tua ikut mendampingi anaknya bermain. Di BNI Sirnas B Riau, yang tampil memang tiga kelompok usia, yakni usia 11 tahun, usia 13 tahun dan usia 15 tahun.

“Ya ini momentum bagi anak-anak Riau untuk membangkitkan mental bermain tingkat nasional, mental juara. Selama ini kan banyak main di dalam klub dan Porprov,” ucap orang tua atlet Rizki, Banda Haruddin Tanjung di lokasi, Selasa (5/12/2023).

Baca juga: 113 Klub Bulutangkis Nasional Ramaikan BNI Sirnas B Riau 2023

Pria yang akrab disapa Nanda tersebut mengaku putranya baru pertama kali bermain di BNI Sirnas. Untuk itu, ia hanya ingin putranya belajar dan merasakan langsung bermain di kancah nasional.

“Kalau main klub itu kan sering ya, untuk tingkat kabupaten, antar sekolah sampai provinsi ada di Riau. Tapi kalau nasional memang baru pertama, maka mentalnya harus mulai dilatih. Ya beginilah bermain sirnas,” kata Nanda.

Tidak melulu soal kemenangan, para atlet yang bermain pertama kali di BNI Sirnas 2023 tentu dapat banyak ilmu. Apalagi, banyak atlet tingkat nasional bermain dalam ajang BNI Sirnas B Riau 2023 yang menjadi seri ke-12 pada tahun ini.

“Semua mau menang, tapi tentu anak-anak juga banyak dapat ilmu. Banyak pemain di sini yang memang sudah terlatih, ini dapat menjadi motivasi anak. Atlet bulutangkis ini juga kita tahu banyak lahir dari daerah,” …

Read more

Bagnaia Juara Dunia Beruntun, Lebih Sulit MotoGP 2022 atau 2023-

Francesco Bagnaia selalu harus bertarung sampai seri final sebelum memenangi gelar juara dunia MotoGP. Mana yang lebih sulit bagi Bagnaia, musim 2022 atau 2023?

Pebalap Italia itu menjadi kampiun MotoGP dalam dua musim terakhir. Di 2022, Bagnaia mempersembahkan titel pertama Ducati dalam 15 tahun usai mengalahkan rider Yamaha Fabio Quartararo secara sensasional.

Bagnaia mengejar defisit 91 poin dari Quartararo dengan memenangi lima balapan dan finis podium dua kali di paruh kedua musim. Tidak bisa dipungkiri sukses Bagnaia itu juga tak lepas dari menurunnya performa tunggangan rivalnya tersebut.

Baca juga: Bagnaia Jadi Juara MotoGP 2023 karena Keunggulan Ini dari Jorge Martin

Sedangkan di MotoGP 2023 dengan format baru, Bagnaia menghadapi perlawanan sengit dari pebalap Pramac Jorge Martin. Meski memimpin di sebagian besar kejuaraan, rider berusia 26 tahun itu sempat dibuat was-was dengan performa cemerlang rivalnya itu.

Francesco Bagnaia mengakui, persaingannya dengan Jorge Martin lebih berat daripada dengan Fabio Quartararo. Dengan memakai tunggangan yang sama, Jorge Martin memiliki motor yang relatif sama baiknya dengan Bagnaia.

“Musim 2022 dan 2023 sulit dibandingkan. Aku merasa Fabio mulai dengan sangat baik pada tahun lalu, tapi ketika aku mulai menang dia punya masalah yang lebih besar. Dia memang sangat kencang, tapi motor dia tidak mampu memberinya kesempatan untuk bertarung denganku,” sahut Pecco Bagnaia dikutip Speedweek.

Baca juga: Francesco Bagnaia Dapat Sambutan Meriah di Kandang Juventus

“Kami punya situasi …

Read more

Anthony Ginting ke Final All England 2024

Anthony Sinisuka Ginting sukses melaju ke final All England 2024. Ini setelah Anthony melewati duel tiga gim kontra wakil Prancis Christo Popov.

Pertandingan semifinal di Utilita Arena, Birmingham, Sabtu (16/3/2024) sore WIB, Anthony kalah 19-21 di gim pertama sebelum merebut dua gim selanjutnya dengan 21-5 dan 21-11.

Pada gim pertama, Anthony di luar dugaan kesulitan mengimbangi Popov dan tertinggal 2-5 di awal. Anthony mencoba bangkit untuk memangkas ketertinggalan jadi 5-7 sebelum menyamakan skor 7-7.

Anthony berbalik memegang kendali permainan untuk kemudian unggul 11-8 pada interval gim pertama. Setelah itu, Anthony nyaman untuk menambah keunggulan hingga 15-14 dan juga 17-13.

Tapi, keunggulan empat angkat itu sirna karena kesalahan demi kesalahan Anthony. Popov dengan mudah melakukan kombinasi pukulan yang menyulitkan Anthony dan mencetak lima poin beruntun untuk berbalik memimpin 18-17.

Anthony membalikkan keadaan untuk unggul 19-18, tapi Popov yang memenangi gim pertama dengan 21-19!

Baca juga: All England 2024: Anthony Ginting Bahas Peluang Lawan Christo Popov

Masuk di gim kedua, Anthony tanpa ampun menghabisi Popov. Meski sempat ketat di awal, Anthony dengan mudah memimpin 11-3 pada interval gim ini dan melanjutkan enam poin beruntun untuk unggul 17-3.

Popov sempat menambah dua angka, tapi Anthony kemudian mengambil empat angkat beruntun setelahnya untuk menang 21-5.

Memasuki gim ketiga, Anthony juga langsung melesat untuk unggul 5-2 setelah sempat tertinggal 0-1. Anthony masih memegang kendali di gim ketiga dengan beberapa kali pukulan menyilang dan pengambilan di depan net.

Popov sempat mendekatkan…

Read more
Hak Cipta © 2024 Kar-ads. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.