BNI Sirnas B Riau, Momen Bangkitkan Mental Juara Pebulutangkis Muda

Ajang bulutangkis BNI Sirkuit Nasional B 2023 sedang digelar di Kota Pekanbaru, Riau. Orang tua dan pelatih atlet menjadikannya sebagai momen untuk membangkitkan mental anak.

Pantauan di Gor Remaja Jalan Jenderal Sudirman terlihat sejumlah orang tua ikut mendampingi anaknya bermain. Di BNI Sirnas B Riau, yang tampil memang tiga kelompok usia, yakni usia 11 tahun, usia 13 tahun dan usia 15 tahun.

“Ya ini momentum bagi anak-anak Riau untuk membangkitkan mental bermain tingkat nasional, mental juara. Selama ini kan banyak main di dalam klub dan Porprov,” ucap orang tua atlet Rizki, Banda Haruddin Tanjung di lokasi, Selasa (5/12/2023).

Baca juga: 113 Klub Bulutangkis Nasional Ramaikan BNI Sirnas B Riau 2023

Pria yang akrab disapa Nanda tersebut mengaku putranya baru pertama kali bermain di BNI Sirnas. Untuk itu, ia hanya ingin putranya belajar dan merasakan langsung bermain di kancah nasional.

“Kalau main klub itu kan sering ya, untuk tingkat kabupaten, antar sekolah sampai provinsi ada di Riau. Tapi kalau nasional memang baru pertama, maka mentalnya harus mulai dilatih. Ya beginilah bermain sirnas,” kata Nanda.

Tidak melulu soal kemenangan, para atlet yang bermain pertama kali di BNI Sirnas 2023 tentu dapat banyak ilmu. Apalagi, banyak atlet tingkat nasional bermain dalam ajang BNI Sirnas B Riau 2023 yang menjadi seri ke-12 pada tahun ini.

“Semua mau menang, tapi tentu anak-anak juga banyak dapat ilmu. Banyak pemain di sini yang memang sudah terlatih, ini dapat menjadi motivasi anak. Atlet bulutangkis ini juga kita tahu banyak lahir dari daerah,” katanya.

Baca juga: Yuk Nonton Langsung BNI Sirnas B di Pekanbaru, Gratis lho!

Selain Nanda, pelatih asal Pekanbaru bernama Andi juga mengaku menurunkan 20 atlet binaannya di BNI Sirnas B Riau 2023. 20 atlet yang diturunkan bermain di semua kelompok usia.

“Kita dari jauh hari sudah siapkan. Namun sebelum ini kita sudah maksimal karena ada kejuaraan lain dan hari ini kita semua kelompok usia ikut. Ada 20 orang atlet kita ikut,” kata Andi.

Dari total 20 atlet, Andi manargetkan tujuh masuk 8 besar atau juara. Alasannya, tujuh atlet tersebut sudah beberapa kali juara dan pernah main di BNI Sirnas.

“Kalau yang sudah biasa kita punya target minimal 8 besar dan juara. Bagi atlet kita yang belum terbiasa ya kami membangun mental saja dulu,” katanya.

Ajang BNI Sirnas 2023 sendiri merupakan turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial. Gelaran itu sekaligus menjadi tolak ukur pembinaan bulutangkis nasional sekaligus ajang buat para atlet dalam menjaring poin nasional dan pematangan atlet-atlet muda potensial.

Lewat BNI Sirnas 2023, para pebulutangkis muda Indonesia akan mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam usaha merintis jalan ke pelatnas PBSI sekaligus menjadi pemain top andalan Merah Putih di masa depan.

Ajang pencarian bibit muda bulutangkis ini didukung penuh oleh BNI. Sebagai salah bentuk komitmen untuk mempromosikan dan mempopulerkan BNI Sirkuit Nasional 2023, PP PBSI secara resmi juga bekerjasama dengan detikcom dan CNN Indonesia sebagai official media and broadcasting partner di semua seri BNI Sirnas 2023.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

(ras/krs)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Kar-ads. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.